Cemilan Dari Tape Yang Enak

Tape Goreng

Tape adalah salah satu makanan khas sunda asli yang enak sekali. Tape terbuat dari bahan yang memang tidak disangka bisa difermentasi. Jadi tape ada yang terbuat dari singkong dan juga ketan. Tape yang asli khas Sunda terbuat dari singkong. Tape singkong dibuat dari singkong yang dimasukkan ke dalam wadah yang sudah dialasi daun pisang dan diberikan ragi di setiap tumpukan singkongnya. Setelah itu ditutup dan diamkan selama berhari-hari. Nah untuk tape kentan hitam atau putih sama saja. Ketan putih dan hitam ditaruh dalan wadah yang sudah dialasi daun pisang dan diberikan ragi. Sama halnya dengan tape singkong yang didiamkan berhari-hari. Nanti hasil dari tape singkong adalah singkong menjadi lembut dan enak dimakan. Rasa tape singkong menjadi manis begitu juga tape ketan. Nah, jika biasanya tape dimakan langsung kini tape dibuat menjadi berbagai cemilan berikut daftarnya.

  • Tape Singkong Goreng

Cemilan yang pertama ini adalah dengan menggunakan bahan tape singkong. Jadi anda siapkan tape singkong dan juga terigu. Setelah itu anda potong tape singkong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya buat adonan tepung terigunya dengan manambahkan garam sedikit saja. Setelah itu masukkan tape singkong pada adonan tepung terigu. Setelah itu goreng tape singkongnya hingga matang. Goreng hingga kecoklatan untuk menghasilkan tape singkong goreng yang garing.

  • Es Tape

Selanjutnya ini adalah cemilan tape yang dijadikan es yang enak. Tape dicampur dengan berbagai minuman enak sekali. Nah anda buat dulu kuah es tapenya dengan bahan santan kelapa dan gula merah. Anda bisa menggunakan bahan pelengkapnya. Bahan lain yang anda bisa siapkan untuk campuran es tape adalah cincau hita. Anda potong dahulu cincau hitam menjadi dadu. Setelah itu anda tambahkan tape dan santan kelapanya. Tambahkan gula merah yang sudah dilarutkan.

  • Es Tape Ketan

Ketan juga bisa dibuat menjadi minuman es yang lezat. Namun kuah es tape ketan ini lebih simple. Jika tape singkong menggunakan bahan yang komplit seperti santan dan gula merah. Nah, untuk tape ketan hitam anda cukup menambakah air biasa dengan es batu. Anda bisa menambahkan kental manis saja di dalam minuman es ketannya.

  • Bubur Tape Ketan Hitam

Sajian dari tape yang bisa anda buat selanjutnya ini adalah bubur ketan hitam. Bubur ketan hitam ini dicampurkan dengan bubur kacang hijau. Jadi anda buat dahulu kacang hijau menjadi bubur. Caranya dengan merebus kacang hijau lalu ditambahkan santan dan gula merah. Nah ketika akan memakan bubur kacang hijaum tambahkan ketan hitamnya. Jika ada ketan putih yang dijadikan tape. Anda juga bisa menambahkannya.

  • Es Campur Dengan Tape

Sajian dengan tape selanjutnya ini adalah dengan es campur. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah bubur mutiara, alpukat, tape singkong, roti tawar, kelapa muda, susu cokelat kental manis dan es batu. Semua bahan dicampurkan menajdi satu setelah itu diberikan tapenya. Untuk tambahan buahnya anda bisa menambahkan buah naga dan buah nangka. Anda juga bisa menambahkan kacang tanah atau akcang almond. Untuk es batunya bisa anda serut atau diblender agar hasilnya lebih enak. Nah ceres dan cokelat batangan juga bisa anda tambahkan pada sajian es campur tape singkong ini. Jangan lupa roti tawarnya dimasukkan terakhir setelah dipotong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *