Mengenal Miracast, Fungsinya dan Kegunaanya

main image

Pernahkan Anda mendengan Miracast? Apa fungsinya dan bagamana penggunaannya. Jika tidak, Anda tidak sendiri sebab meskipun telah lama ada tidak banyak yang memahami kegunaannya. Miracast merupakan teknologi penghubung dua media dengan berbagi layar. Daripada berkerumun melihat sebuah video dengan satu smatphone lebih baik memindahkan ke layar yang lebih besar.

Menggunakan Miracast memberikan pengalaman lebih nyaman dalam berbagi konten dengan sharing media. Miracast ini sudah ada pada banyak smartphone yang memungkinkan untuk memindahkan tayangannya pada layar lebih besar. Selain itu Google mendukung teknologi miracast dengan menfasilitasi Android 6 serta melalui platform Chromecast.

Kegunaan Adanya Miracast

Adanya Miracast memberikan fasilitasi transfer konten audio dan video antara dua perangkat yang kompatibel. Hal ini lebih mudah seab tidak harus berada di dekat Titik Akses WiFi, router, atau integrasi dalam jaringan.

  • Tidak terpengaruh kendala jaringan

Penggunaan Miracast memungkinkan pengoperasian poin-to-poin sehingga transfer sinyal video juga audio tidak terpengaruh. Ada lalu lintas jaringan ramai sekalipun serta masalah konektivitas lain tidak jadi masalah. Maka jika Anda memiliki smarphone dan TV atau perangkat lain yang memiliki fasilitas miracast mengaa tida digunakan.

  • Transfer konten Video dan Audio lebih mudah

Penggunaan Miracast memungkinkan transfer konten baik video dan audio lebih mudah. Selan itu juga tampilan yang tidak mengecewakan karena didukung untuk formar file video H.264 dan resolusi hingga 1080p. Untuk audio didukung suara 5.1 channel surround. Dalam hal keamanan juga lebih baik dengan keamanan WPA2.

  • Dapat digunakan pada berbagai perangkat

Fasilitas Miracast telah diimplementasikan pada sejumlah perangkat, termasuk TV, Proyektor Video, pemutar Blu-ray Disc, penerima home theatre, kotak kabel / satelit, streamer media, smartphone, tablet, PC laptop, dan banyak lagi. Jadi Anda memiliki banyak pilihan untuk memanfaatkan konektivitas nirkabel ini.

Setelah tahu berbagai kegunaanya, kira-kira kegiatan apa saja yang semakin mudah dan nyaman menggunakan kamampuan miracast. Berikut di antaranya:

  1. Menyampaikan presentasi

Menyampaikan presentasi tentu lebih nyaman menggunakan layar yang lebar. Baik resentasi di kelas atau di kantor akan lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi Miracast. Selain lebih cepat karena tidak perlu menunggu menghubungkan perangkat laptop dengan proyektor menggunakan kabel yang pastinya lama. Kelebihannya juga tidak khawatir presentasi terputus karena gangguna konektivitas atau bahkan ada kabel yang copot.

  • Nonton film rame-rame

Pernahkah Anda menonton film streaming di smarphone lalu beberapa orang, adik atau teman-teman pada nimbrung. Pastinya tidak nyaman menonton beramai-ramai tapi menggunakan layar smartphone yang kecil. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Miracast agar bisa nonton tayangan di smarphone pada layar yang lebih besar. Bisa menghubungkan ada TV atau proyektor, tinggal menyediakan hidangan agar suasana nonton bersama jadi makin hangat.

  • Bermain game makin seru

Bermain game menggunakan layar smartphone mungkin cukup untuk dilihat sendiri. Namun terkadang ada saja yang ingin ikut melihat apa yang Anda mainkan. Maka Anda bisa juga membiarkan teman-teman melihat permainan Anda dengan menghubungkannya pada perangkat lain menggunakan Miracast. Dengan bagitu Anda tidak akan terganggu dan dapat bermain dengan tenang.

Bagaimana menarik bukan kegunaan Miracast yang selama ini tidak Anda ketahui. Temukan berbagai keseruan lainnya menggunakan fasilitas miracast yang ada di smartphone Anda. Temukan pula perangkat lain yang menyimpan berbagai fungsi menarik lainnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *