KrediFazz vs Dana Rupiah, Ini Dia yang Suku Bunganya Rendah

Ngomongin aplikasi pinjaman uang online cepat, rata-rata pasti sama: menawarkan layanan pinjaman dengan proses pencairan 1 x 24 jam tanpa jaminan. Tapi, cepat aja enggak cukup. Kalo pinjem uang di fintech tapi nggak mau boncos, maka solusinya adalah mencari aplikasi pinjaman uang online cepat yang bisa kasih bunga rendah.

Emang ada?

Ada dong. Tapi rendah untuk ukuran fintech ya: pinjaman yang nggak pake jaminan, cuma butuh KTP, tapi bisa cair. Jangan dibandingin sama pinjaman multiguna yang pake agunan, jelas beda. Dari prosesnya aja udah beda. Makin tinggi risiko (kredit macet) pinjaman, maka biasanya setau saya, bunganya juga akan makin tinggi/menyesuaikan.

Baru-baru ini, ada dua fintech yang saya temuin di internet yang punya suku bunga berbeda, yaitu KrediFazz dan DanaRupiah. Bukan cuma bunga, ada 2 aspek lain yang bedanya cukup menonjol nih dari KrediFazz dan DanaRupiah. Apa aja?

Bedanya layanan pinjaman di KrediFazz vs DanaRupiah

Kalo kamu butuhnya pinjaman darurat, yang nominalnya kecil, sehari bisa cair, saya saranin pake KrediFazz aja karena produk pinjamannya spesifik untuk kriteria tersebut.

Kalo di DanaRupiah, produk pinjaman terbagi menjadi tiga: pinjaman personal, pinjaman produktif, dan pinjaman pendidikan. Di mana kalo pinjaman personal berarti pinjaman untuk kebutuhan pribadi, pinjaman produktif ditujukan untuk para petani dalam mendapatkan modal benih, pupuk, dan pestisida, dan pinjaman pendidikan untuk para siswa yang sedang dalam masa pendidikan.

Bedanya limit pinjaman, bunga dan tenor pinjaman di KrediFazz vs DanaRupiah

Butuh uang buat tanggal tua atau servis kendaraan mendadak? Di kisaran Rp 100 ribu sampai Rp 1,5 juta, KrediFazz bisa kasih kamu pinjaman dengan bunga 9% per bulan (0,3%) per harinya. Tenor pengembaliannya maksimal 30 hari sejak tanggal pengajuan pinjaman/pencairan.

Sementara itu, di DanaRupiah, secara keseluruhan limit pinjaman maksimal bisa sampai Rp 8 juta. Tapi, khusus untuk pinjaman personal suku bunganya lebih tinggi dibanding KrediFazz, yaitu 0,8% per hari. Sedangkan untuk pinjaman produktif dan pendidikan, bunganya lebih rendah.

Bedanya syarat daftar dan pengajuan pinjaman di KrediFazz vs DanaRupiah

Di KrediFazz, ada tiga syarat spesifik yang harus dipenuhi sebelum kamu download aplikasinya di Google Play Store dan mengajukan pinjaman, yaitu:

  1. Kamu sudah berusia minimal 18 tahun (atau maksimal 60 tahun).
  2. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Indonesia.

Pinjaman yang diajukan jika disetujui maka dana akan cair maksimal dalam waktu 24 jam ke rekening yang kamu daftarkan. Pastinya tanpa survei. Setelah itu, kalo pinjaman udah lunas, kamu nggak perlu daftar ulang kalo butuh pinjaman lagi. Tinggal ajuin pencairan limit, kelar deh.

Di DanaRupiah, syarat pendaftarannya juga ada tiga:

  1. Kamu sudah berusia minimal 18 tahun.
  2. Memiliki penghasilan tetap, KTP asli, NPWP, BPJS, rekening bank yang aktif, dan slip gaji untuk karyawan.
  3. Berdomisili di Indonesia.

Oh iya, jangan khawatir. KrediFazz dan DanaRupiah ini udah terdaftar di OJK ya, jadi aman buat digunakan sebagai aplikasi pinjaman uang online cepat.

Buat saya sendiri, saat ini baru pernah nyobain KrediFazz dan udah lunas. Buat pinjaman Rp 1 juta, balikinnya jadi sekitar Rp1.090.000. Ada biaya admin juga 6% atau Rp 60 ribu yang dipotong dari pinjaman saya. Jadi uang yang saya terima Rp940.000. Buat kebutuhan darurat, ini lumayan lah. Nggak pake basa-basi atau survei ini itu, pinjaman langsung masuk rekening.

Tips dari saya, kalo pake aplikasi pinjaman uang online cepat kayak KrediFazz atau DanaRupiah gini, jangan dijadiin andalan utama apalagi dipake bersamaan dua-duanya yah. Bisa boncos kayak kasus banyak orang yang udah-udah. Usahain banget, pakenya kalo lagi kepepet atau darurat aja. Usahain juga bayar tepat waktu. Makin bijak kita pakenya, akan makin terasa fungsinya. Dan sebaliknya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *