Mau Kredit HP Tanpa Uang Muka? Waspadai 3 Biaya Ini

Di jaman sekarang, bisa kredit HP tanpa uang muka bukan lagi hal baru. Inovasi teknologi di dunia finansial yang satu ini cukup populer dan bisa dilakukan di berbagai merchant mulai dari yang online sampai yang offline. Bukan hanya teknologinya yang memudahkan orang untuk bisa mendapat akses kredit, namun promo yang ditawarkan penyedia layanan kredit tanpa DP juga cenderung masif. 

Kredivo misalnya, yang merupakan aplikasi kredit online yang bisa digunakan untuk kredit HP tanpa uang muka di Blibli, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Erafone, dan ribuan merchant lainnya. Terkenal dengan bunganya yang paling rendah dibanding aplikasi kredit sejenis, yaitu 2,6% per bulan dengan opsi tenor 3/6/12 bulan, Kredivo juga memiliki program promo cicilan 0% untuk gadget dan barang lainnya. Kapan lagi bisa cicilan 0% tanpa perlu punya kartu kredit, kan? Ditambah, limit yang ditawarkan Kredivo nggak tanggung-tanggung, maksimal bisa sampai Rp 30 juta!

Melihat hal tersebut memang menggiurkan. Namun, jangan sampai terkecoh ya. Sebab, umumnya, kredit HP tanpa uang muka memiliki biaya-biaya lain yang menyertainya. Jika kamu tertarik mengambil kredit yang satu ini untuk beli HP baru, sebaiknya pahami betul 3 aturan dari 3 biaya ini. Jangan sampai boncos!

Tingkat Suku Bunga yang Berbeda

Biasanya, uang muka dalam perkreditan akan menjadi penentu dari besaran tingkat suku bunga yang akan kamu terima. Makin besar uang muka yang dipilih, akan makin rendah suku bunga angsuran yang didapat. Dan sebaliknya. Meski demikian, ada juga fasilitas kredit HP tanpa uang muka yang memiliki tingkat suku bunga flat. Salah satunya Kredivo. 

Contohnya: kredit HP Samsung Galaxy A11 yang dibanderol dengan harga Rp 1,7 jutaan di Tokopedia, pakai Kredivo, simulasi cicilannya menjadi: 

  • Untuk tenor 3 bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp669.477
  • Untuk tenor 6 bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp358.959
  • Untuk tenor 12 bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp203.700

Jumlah angsuran tersebut bersifat tetap setiap bulan dan dapat dicek di aplikasi Kredivo jika kamu sudah menjadi pengguna atau mengambil kredit dengan Kredivo. Angsuran juga sudah termasuk suku bunga 2,6%, tanpa uang muka. Terkait dengan suku bunga, bagi kamu yang tertarik menggunakan layanan kredit tanpa uang muka, pastikan kamu tahu betul berapa besaran suku bunga yang didapat sejak awal, ya!

Biaya Administrasi Sesuai Tenor

Dalam kredit, biaya administrasi juga termasuk hal umum yang termasuk dalam rincian. Biaya administrasi akan berbeda-beda tergantung dengan penyedia kredit hingga di mana kamu bertransaksi. Selain suku bunga, biaya administrasi juga perlu diwaspadai di awal sebelum memutuskan mengambil kredit tanpa uang muka. Jika perlu, tanyakan kepada petugas kredit atau call center layanan kredit apakah ada perbedaan biaya admin yang akan dibebankan untuk masing-masing tenor. 

Biaya Keterlambatan Bayar

Setiap lembaga atau penyedia fasilitas kredit umumnya memiliki kebijakan masing-masing terkait denda keterlambatan bayar. Ada penyedia kredit yang baru membebankan denda keterlambatan beberapa hari setelah tanggal jatuh tempo. Ada juga yang langsung membebankan biaya keterlambatan setelah tanggal jatuh tempo lewat tetapi tidak ada pembayaran. 

Untuk kredit HP tanpa uang muka, biaya keterlambatan bayar juga perlu kamu pastikan di awal sebelum melanjutkan proses kredit. Dan apakah biaya tersebut bersifat tetap atau berubah-ubah. Tujuannya agar kamu bisa berjaga-jaga dan mengetahui infonya sejak awal. Siapa tahu dalam proses berjalan, kamu mengalami terlambat bayar angsuran karena beberapa kendala. Dengan begitu, kamu jadi bisa siap-siap! 

Tips Kredit Aman: Pastikan Utang Masih dalam Batas Aman & Gunakan Sesuai Kebutuhan

Kemudahan kredit yang bisa didapat dari aplikasi sejenis Kredivo memang berpotensi membuat siapa saja terlena. Bisa bablas transaksi ini itu tanpa hitung-hitung dulu batas kemampuan finansial. Tau-tau, tagihan membengkak dan gaji bulanan habis cuma untuk bayar tagihan. Nggak mau kan ini kejadian di kamu?

Maka dari itu, jika ingin menggunakan fasilitas kredit, pastikan dulu bahwa kamu akan menggunakannya karena kebutuhan yang penting. Bukan sekedar gengsi atau gaya hidup semata. Yang nggak kalah pentingnya, pastikan jumlah utang yang kamu miliki atau bayarkan setiap bulan belum sampai 30% dari total penghasilan, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *