6 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

5 Obat-obatan Alami untuk Meredakan Batuk

Batuk bisa di derita oleh siapa saja, baik laki – laki dan perempuan, tidak terkecuali bagi seorang ibu yang sedang hamil. Meskipun terlihat ringan namun batuk yang tidak di obati dengan segera bisa menjadi serius dan betambah parah. Untuk itu perlu bagi seorang ibu terutama ibu hamil segera melakukan pengobatan.

Adapun obat batuk untuk ibu hamil yang paling aman adalah obat yang berasal dari bahan – bahan alami. Banyak manfaat jika ibu hamil menggunakan bahan alami sebagai pengobatannya. Diantaranya bahan alami lebih aman bagi ibu hamil dan janin yang di kandungnya. Selain itu bahan alami juga mudah untuk di dapatkan, serta tidak memiliki efek samping bagi ibu hamil.

Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai bahan alami obat batuk untuk ibu hamil antara lain sebagai berikut :

  • Madu

Madu adalah salah satu minuman alami yang dipercaya dapat membantu meredakan batuk secara alami. Adapun kandungan yang terdapat pada madu antara lain protein, karbohidrat, serat, kalsium dan fosfor. Cara untuk meminum madu sebagai obat batuk bagi ibu hamil adalah dengan meminum satu sendok madu setiap tiga kali sehari. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Air garam

Obat batuk alami untuk ibu hamil selanjutnya adalah air garam. Garam mengandung seng, kromium, belerang dan yodium yang memiliki manfaat untuk mengobati batuk secara alami. Cara untuk menjadikan garam sebagai obat batuk dengan menyediakan setenga gelas air panas, kemudian campurkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Minum air garam ini sebanyak dua kali sehari untuk membantu meredakan batuk yang di alami.

  • Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang kaya akan manfaat, ini karena jahe memiliki kandungan berupa vitamin c, magnesium dan antioksidan. Cara mengolah jahe sebagai obat batuk alami adalah dengan mencampurkan jahe yang sudah dihaluskan atau di iris kecil – kecil bersama air hangat, kemudia setelah dingin baru diminum. Lakukan ini secara rutin hingga batuk mereda.

  • Nanas

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang keempat adalah dengan mengonsumsi nanas. Namun konsumsi nanas dalam batas yang cukup jangan berlebih. Nanas memiliki kandungan berupa  vitamin c, mangan, tembaga, folat, kalium dan magnesium. Ibu hamil dapat mengonsumsi nanas dengan cara memakannya secara langsung.

  • Kunyit

Kunyit memiliki kandungan berupa arabinosa, fruktosa, kalsium dan kalium. Kunyit sangat aman sebagai bahan alami untuk mengobati batuk terutama untuk ibu hamil. Cara untuk menjadikan kunyit sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan kunyit yang sudah di haluskan atau di blender dengan air panas dan aduk merata atau diamkan selama beberapa menit. Setelah itu baru diminum rutin sebanyak tiga kali dalam sehari.

  • Daun mint

Obat batuk alami untuk ibu hamil berikutnya adalah daun mint. Daun mint memiliki kandungan berupa karbohidtrat, lemak, protein dan serat. Daun mint sebagai pereda batuk dapat di olah dengan cara menghaluskan daun mint lalu campurkan dengan setengah gelas air. Cara ini aman di konsumsi oleh ibu hamil, sebanyak dua kali sehari.

Nah, itulah penjelasan mengenai bahan alami yang ada di sekitar kita untuk di jadikan sebagai obat batuk alami yang aman tentunya dan tidak memiliki efek berbahaya bagi ibu hamil da janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *