Jangan Lupa Masukan Ini Dalam CV Fresh Graduate

7 Tips Fresh Graduate Bertahan Hidup di Tengah Pandemi, Semangat!  

Bagi seorang Fresh Graduate pastinya harus benar-benar selektif saat sedang memilih contoh cv. Hal yang satu ini cukup penting supaya bisa menarik perusahaan untuk membuat Anda masuk ketahap yang selanjutnya. Untuk sebuah perusahaan CV ini sangat penting dan pasti akan jadi tahap seleksi yang paling awal, bobot penilaian untuk CV juga akan sangat tinggi.maka dari itu menemukan contoh cv fresh graduate yang bagus ini merupakan salah satu senjata untuk Anda sebelum melamar kerja. Pada kesempatan kali ini ini dia beberapa hal yang penting untuk Anda cantumkan di CV:

  • Personal detail and contact information

Secara umum CV ini pastinya akan mencantumkan informasi data dan juga kontak secara personal. Disini Anda juga bisa menuliskan akun-akun media social Anda yang memiliki keterkaitan dengan dunia professional salah satunya adalah Linkedin

  • Summary

Disini Anda harus bisa menuliskan ringkasand dari pencapaian Anda di awal CV Anda. Tuliskan secara mendalam ya tapi ingat harus tetap berkaitan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar.

  • Accomplishment

Nilai tambah untuk fresh graduate bisa dilihatt dari pencapaian apa yang telah dia peroleh.contohnya seperti beasiswa, penghargaan, cumlaude, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Education and qualification

Saat membuat CV jangan lupa untuk menuliskan lembaga atau tempat Anda berkuliah, gelar, jurusan, dan juga IPK Anda yang terakhir. Jangan lupa untuk mengurutkan gelar yang Anda punya berdasarkan jengjang pendidikan yang paling terbaru ya. Jika dirasa relevan Anda juga bisa memasukan judul skripsi Anda di dalam CV ini.

  • Internship

Seperti yang kita tahu sebagian besar fresh graduate biasanya sudah punya pengalaman dimagang dan juga internship. Walaupun begitu Anda jangan khawatir yak arena cukup banyak perusahaan yang memang mencari pegawainnya yang masih belum memiliki pengalaman dalam bekerja. Untuk bagian yang satu ini Anda bisa mencantumkan posisi Anda ketika magang, kemudian Anda juga bisa mendeskripsikan pekerjaan Apa yang Anda lakukan. Lebih bagus lagi untuk menuliskan perusahaan tempat Anda magang. Jangan lupa juga tulis rentang waktu serta lokasi perusahaannya ya.

  • Volunteer/Community

Untuk Fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, Ada diperbolehkan untuk memasukkan pengalaman Anda saat mengikuti komunitas apa yang telah Anda ikuti. Catumkan juga posisi dan jobdesk Anda dalam komunitas tersebut, jangan lupa juga sertakan outputnya. Hal yang satu ini cukup penting loh untuk fresh graduate, karena fresh graduate yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial nantinya akan diasumsikan punya jiwa sosial yang cukup tinggi. Dengan begitu perusahaan akan menganggap Anda bisa diandalkan, memiliki tanggung jawab, kreatif, bijaksana, mudah untuk beradaptasi, dan bisa menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

  • Skill

Untuk kategori yang satu ini tuliskan skill Anda secara spesifik ya, dan pastikan juga sesuai dengan posisi yang sedang kamu tuju. Kategori ini biasanya meliputi keterampilan teknis, komputer dan juga bahasa. Contohnya bisa keterampilan untuk mengoperasikan Microsoft Excel, membuat konten untuk pemasaran, dan masih bayak lagi yang lainnya. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa juga memasukannya di sini. Yang terakhir Anda juga bisa memasukan sertifikat yang diperoleh saat training, publikasi ilmiah, lisensi profesiolan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Hobby/ interest

Jika Anda melamar pada perusahaan yang lebih informal Anda bisa menuliskan hobby serta interest Anda terhadap sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *